Profil Perusahaan

PT Leo Investments Tbk, (sebelumnya dikenal sebagai PT Integrasi Teknologi Tbk) adalah sebuah perusahaan penyelenggara investasi yang berfokus pada sektor sumber daya dan sektor pertambangan. Perusahaan ini terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada bulan November 2001. Bisnis Perusahaan meliputi integrasi sistem dan investasi di sektor sumber daya, yang dioperasikan dan dikelola oleh anak perusahaan masing-masing.

Bisnis sistem integrasi didirikan pada tahun 1999 di bawah perusahaan PT Integrasi Teknologi Tbk yang menyediakan solusi teknologi informasi terintegrasi.

Pada tanggal 12 Desember 2007, Rapat Umum Luar Biasa diselenggarakan untuk mengadakan perubahan bisnis inti Perusahaan ke bidang investasi, dan nama perusahaan dari PT Integrasi Teknologi Tbk diubah menjadi PT Leo Investments Tbk. Perusahaan telah melakukan divestasi bisnis Teknologi Informasi Perusahaan ke anak perusahaan yang bernama Integrasi Solutions, dan menggabungkan kepemilikan anak perusahaan baru untuk bisnis sumber daya dan pertambangan yang telah dimiliki oleh perusahaan.

Karena banyaknya peluang bisnis yang tersedia di sektor sumber daya mineral, perusahaan memutuskan untuk berbisnis ke dalam industri pertambangan. PT Lion Nickel berdiri pada tahun 2007 sebagai anak perusahaan Perusahaan di industri pertambangan nikel. Konsensi Nikel seluas 5.056 hektar (Blok I) terletak di Kabupaten Morowali, Sulathe Companysi Tengah diakuisisi dan sedang dalam proses pembangunan dengan cadangan sekitar 21 juta ton. Pada saat ini, perusahaan memiliki 3 (tiga) calon konsesi untuk nikel. Salah satunya memiliki sumber daya 20 juta ton, dan 2 (dua) di antaranya berada pada tahap pra-eksplorasi. Dengan penurunan harga Nikel secara terus menerus selama 3 (tiga) tahun terakhir, perusahaan menunda rencana pada pengembangan usaha pertambangan yang telah dimiliki oleh Perusahaan untuk mencegah kerugian lebih lanjut.

 

Perusahaan bergerak dalam bisnis perdagangan batubara yang mulai pada 22 April 2010 saat ini ditunda karena rencana restrukturisasi di Perusahaan.

Pada tanggal 29 Juni 2010, PT Leo Investments Tbk melakukan divestasi anak perusahaan PT Integrasi Solutions karena pandangan pesimis dalam jangka panjang seperti tercermin pada laporan keuangan Perusahaan.

Pada tahun 2011, Perusahaan melakukan penambahan usaha jasa pengeboran minyak dan gas bumi yang lebih dikonsentrasikan ke pengeboran gas metana dan batubara. Dengan penambahan unit usaha ini, diharapkan dapat memberikan pendapatan dan nilai lebih terhadap Perusahaan dan pemegang saham.

Pada tanggal 31 Januari 2013, Perusahaan melakukan perubahan susunan dewan komisaris dan dewan direksi untuk memperkuat kinerja perusahaan kedepannya.

Sejak tanggal 1 Juni 2010 sampai dengan tanggal Laporan Tahunan 2012 ini, harga tertinggi saham Perusahaan yang terjual di pasar sekunder adalah Rp. 150 per lembar saham, sedangkan harga terendah saham Perusahaan yang terjual di pasar sekunder adalah Rp. 66 per lembar saham.

NAMA ANAK PERUSAHAAN

  1. PT Lion Nickel

PT Lion Nickel adalah anak perusahaan yang bergerak didalam bidang usaha pertambangan dimana Perusahaan memiliki saham sejumlah 99% didalamnya. PT Lion Nickel beralamat di Jl. Imam Bonjol No. 68-70, Jakarta.

  1. PT Leo Resources

PT Leo Resources adalah anak perusahaan yang bergerak didalam bidang usaha pertambangan dimana Perusahaan memiliki saham sejumlah 99% didalamnya. PT Leo Resources beralamat di Jl. Imam Bonjol No. 68-70, Jakarta.